Paving; Apakah (utamakan beli) ke Pengusaha Lokal? H Selamat/Selamat: (kami) Tidak Mencampuri...


Di masa pandemi Covid-19, salah satu upaya meningkatkan pendapatan masyarakat Kotabaru adalah dengan memberdayakan atau membeli barang yang diproduksi pengusaha lokal.

"Informasi yang saya dengar, dinas terkait belum sepenuhnya atau tidak mengutamakan/mengarahkan para pengusaha kontruksi agar membeli paving block ke pengusaha yang ada di Kotabaru, padahal kualitasnya sama dengan yang di luar daerah. Harganya pun tentu lebih murah. Murah tapi kualitasnya sama karena biaya angkut berkurang," kata Ketua LSM Kalimantan Cerdas, Syamsir Alam.

Dihubungi Kepala Dinas Pendidikan Kotabaru, Selamat Riyadi, mengatakan terkait pembelian material untuk pekerjaan (paving block) di dinasnya, pihaknya tidak mencampuri pihak kontraktor pelaksana.

"Yang jelas (paving block) harus sesuai spesifikasi, intinya sesuai gambar perencanaanya. Kalau masalah mereka (kontraktor) membeli di mana saja itu urusannya, kami tidak mencampuri. Yang kami kontrol itu sesuai tidak (materialnya) dengan yang direncanakan konsultan perencana," katanya, Senin (19/7/2021).

Demikian halnya Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan Kotabaru, H Selamat Riyadi mengatakan, pihaknya tidak pernah mencampuri atau mengarahkan kontraktor pelaksana terkait pembelian material (paving block).

"Kira-kira pemborong itu pasti berhitung secara ekonomis, kalau ada yang di dalam (membeli ke pengusaha lokal) kenapa harus membeli (paving block) ke jauh-jauh. Intinya kami menerima (hasil pekerjaan) sesuai kontrak," tegas H Selamat.

Terkait hal ini, katanya, dia pernah juga bertanya ke anak buahnya terkait pembelian paving block, "Apakah mengutamakan pengusaha lokal? Iya pa sudah, tapi kadang dia (pembuat paving block lokal) tidak bisa memenuhi permintaan," pungkas H Selamat.

Sebelumnya, media ini pernah bertanya ke salah satu pengusaha lokal pembuat paving block, H Iwan, "Apakah mampu mememenuhi permintaan?" 

Dia mengatakan sanggup asalkan ada pemberitahuan atau dari dinas mengutamakan/rekomendasi pembelian paving block ke pengusaha lokal (Kotabaru) terlebih dahulu. 

(IHa)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Paving; Apakah (utamakan beli) ke Pengusaha Lokal? H Selamat/Selamat: (kami) Tidak Mencampuri... "

Posting Komentar