Proyek DAK di Desa Rampa, Riduan: Dananya Berapa Ini?


Proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) Integrasi Dinas Pemukiman Rakyat dan Perumahan Kabupaten Kotabaru, Kalsel, dianggap warga, bahan kayunya banyak kurang. (Baca: Proyek DAK di Desa Rampa, Riduan: Mana RAB-nya?)

Proyek APBN di Desa Rampa, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kotabaru, Kalsel itu seluruhnya Rp7,5 miliar. 

Warga RT 5 Desa Rampa, Riduansyah, yang rumahnya masuk proyek mengatakan, ada beberapa potong kayu yang harus digantinya sendiri. 

"Ini kayu bekas nah, yang kupakai, kurang bahannya. Tiangnya sesuai perjanjian dari kayu ulin ini ngga, tiang asal,"sebut Riduansyah, Minggu (8/8/2021).

Riduan menambahkan, selain memakai kayunya, dia juga mengaku harus membeli sendiri paku 2 kilogram.

"Ulun handak betakun (saya mau tanya), dananya berapa ini? Harga kayu berapa? Paku nah ulun menambal 2 kilo menukar sorang (beli sendiri)," ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan warga lainnya yang rumahnya juga masuk proyek bedah rumah itu, Edi Darmadi mengatakan, sesuai rencana anggaran biaya atau RAB, rumah pribadinya tersebut tidak akan selesai.

"Kalo kami kalo sesuai RAB kurang (kurang bahan), Jadi banyak ditambahiakan (ditambahkan) oleh Amat," ungkap Edi.

Tim Fasilitator dari Dinas Pemukiman Rakyat dan Perumahan, Eka Nurul Hudaya, ketika dikonfirmasi Jumat (tadi) menekankan proyek tersebut adalah swakelola, artinya, peran masyarakat dan peserta bedah rumah sangat dibutuhkan. 

"Yang awalnya (material) itu bisa dipakai, itu dipakai lagi, karena dari dana segitu apalagi rumah mereka panjang kan, sedangkan dana yang diberi pemerintah ada batasnya, ngga mungkin bisa merealisasi sesuai desain," kata Eka.

(Dodi/Rahman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proyek DAK di Desa Rampa, Riduan: Dananya Berapa Ini?"

Posting Komentar