Awaludin: Terima Kasih Anggota DPRD Provinsi Kalsel


Anggota DPRD Kotabaru Awaludin berterima kasih kepada Anggota DPRD Provinsi Kalsel Syaipul Rahmadi yang telah andil untuk menyebarluaskan, sosialisasi Perda Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa.

"Karena kita boleh jujur masyarakat itu banyak yang tidak tau tentang Perda ini," ungkapnya saat hadir di acara itu, Senin (6/9/2021), 

Dengan adanya sosialisasi Perda ini, kata Awaludin, akhirnya masyarakat menjadi tahu. 

"Jadi, antusias masyarakat untuk pemberdayaan masyarakat itu semakin tinggi, partisipasi masyarakat membangun desa itu semakin tinggi," katanya.

Tinggal, lanjut Awaludin, di mana nantinya Pemerintah Daerah mengambil sikap dengan adanya partisipasi ini.

"Adanya kegiatan yang lebih komprehensif, kegiatan yang bisa menompang pemberdayaan masyarakat ini.

Saya pun di Pemerintah Daerah menekankan agar setiap SKPD harus menggalakkan kegiatan-kegiatan tentang pemberdayaan masyarakat. Jadi, desa yang keinginannya mau mengetahui itu nanti maunya adanya perda mengenai pendirian BUMDes," ujarnya.

Kemudian desa-desa kenapa belum mendirikan BUMDes?

"Karena desa-desa banyak yang tidak tahu tentang adanya Perda itu, tentang manfaatnya BUMDes, tentang tata cara pelaporan BUMDes seperti apa, nah untuk ketidaktahuan  itu harus kita sosialisasikan juga," katanya.

Dicontohkan Awaludin, Goa Lowo awalnya tidak ada dana dari Pemerintah Desa/Pemerintah Daerah.

"Intinya, partisipasi dari masyarakat yang lebih utama seperti gotong-royong, terus dananya dari swakelola, begitu sudah muncul Pemerintah Desa maupun Pemerintah Daerah langsung mengakomodir, yang penting pengelolaannya harus transparan dan harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan.

Nanti setelah ini masyarakat itu misalnya ada usaha UMKM meminta kepada pemerintah untuk diberdayakan.

Pemberdayaan masyarakat Desa itu kan membangun infrastruktur  dan membangun SDM-nya, jadi kita harus proaktif dan Pemerintah Daerah harus hadir," pungkasnya.

(Rahman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awaludin: Terima Kasih Anggota DPRD Provinsi Kalsel"

Posting Komentar