Hj Ernawati: di RS-PJS Pasien Covid-19 Sudah Banyak Sembuh


Plt. Direktur Rumah Sakit Pangeran Jaya Sumitra (RS-PJS), Hj Ernawati, menyatakan di September ini kasus Covid-19 terus menurun.

"Alhamdulillah, kita untuk penanganan pasien Covid-19 di RSUD Pangeran Jaya Sumitra bulan September ini sudah turun," ujarnya, Senin (6/9/2021).

Diakuinya, di bulan Agustus orang terpapar Covid-19 terbilang tinggi.

"Hampir 142 orang pasien yang dirawat dan untuk di bulan September mulai tanggal 1- 6 turun per hari ini 30,76 %. Tinggal 12 orang pasien lagi yang dirawat, sebelumnya hampir 40 % lebih," katanya.

Yang pasti, katanya, kesadaran dari masyarakat.

"Intinya dari diri kitalah yang harus menyadarinya dan menjaga kesehatan kita, meskipun sudah divaksin tetap gunakan protokol kesehatan.

Jadi untuk saat ini pancaroba perubahan musim penghujan, kita tidak bisa juga sampai lengah, artinya kita khawatirkan Covid-19, tapi ada juga penyakit lain dalam kondisi cuaca seperti hujan kadang-kadang panas juga, dan perlu perhatiannya juga bisa mengakibatkan demam berdarah,deman tinggi mendadak (DBD)," katanya.

Masih kata Hj. Ernawati, yang pasti perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) itu diterapkan setiap rumah, setiap orang.

"Insya Allah kita terhindar dari segala penyakit," tuturnya.

Kalau hal itu sudah diterapkan, katanya, termasuk penanganan Covid-19.

"Apabila masyarakat menjalankan atau melaksakan PHBS itu insya Allah kita pasti sehat, artinya perubahan perilaku hidup sehat dengan adanya pandemik Covid-19 ini kan kalau mereka menerapkan pasti kita sehat. Yang pasti di RSUD Pangeran Jaya Sumitra ini kami mengharapkan kesadaran masyarakat, kalau misalnya ada demam, batuk, dan pilek secepatnya memeriksakan diri ke fasilitas yang disediakan seperti di puskesmas maupun di tempat lainnya. Segeralah diperiksa, jangan sampai mulai dari penyakitnya kita yang tidak begitu parah, tapi masih kita melakukan aktivitas," tuturnya.

Namanya virus ini, katanya, ada di mana-mana.

"Jadi kalau ada batuk, pilek segeralah memeriksakan diri ke fasilitas yang disediakan ada klinik terdekat, puskesmas, maupun tempat yang sudah disediakan, supaya cepat ditangani,  jangan sampai menunggu sudah kita kritis baru dibawa ke RSUD. Kalau sudah masuk di RSUD ini, mereka yang memang perlu penanganan , seperti kondisinya sedikit mengkhawatirkan baru mau ke RSUD, jadi intinya itu kesadaran masyarakatnya untuk hidup sehat," katanya.

(Rahman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hj Ernawati: di RS-PJS Pasien Covid-19 Sudah Banyak Sembuh"

Posting Komentar