HKGP: TP PKK Kotabaru Gelar Lomba-lomba


(Foto/Istimewa)

Menyambut Hari Kesatuan Gerak PKK, TP PKK Kotabaru menggelar lomba yang diikuti 20 TP PKK 20 kecamatan se-Kotabaru, Senin (6/9/2021).

Lomba-lombanya antara lain: memasak serba ikan, menu beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K).

Ketua Pokja 3 TP PKK Kotabaru, Rasidah, mengatakan penilaian lomba: cara penyajian, kreasi pengolahan, cita rasa, gizi yang terkandung dalam masakan dan lainnya.

“Tim penilai kita hadirkan dari beberapa instansi, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, chef restoran, dari TP PKK Kotabaru, dan chef Agus Sasirangan," kata Rasidah.

Rasidah mengatakan pelaksanaan lomba rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG).

(Foto/Istimewa)

Ketua TP PKK Kotabaru, Hj Fatma Idiana, mengatakan terlaksananya kegiatan ini niatnya untuk menyejahteraan masyarakat Kotabaru melalui peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi dan perubahan budaya konsumsi pangan ke arah yang ideal seperti dalam konsep B2SA kepada masyarakat. 

“Untuk meningkatkan konsumsi ikan dan perubahan konsumsi pangan berbasis lokal di masyarakat tentunya haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan dan perubahan pangan lokal di keluarga,“ ucapnya.

Juga, lanjutnya, untuk meningkatkan konsumsi ikan dan olahan berbasis bahan lokal, maka membudayakan makan ikan dan makan dengan berbahan lokal di kalangan generasi muda adalah satu keharusan.

“Melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) dan festival pangan desa diharapkan tumbuh kesadaran baik individu maupun semua lapisan masyarakat untuk gemar makan ikan dan makan dengan olahan berbasis bahan lokal,“ katanya.

Selain itu, lanjutnya, diharapkan dapat melahirkan inovasi - inovasi baru bagi produk unggulan Kotabaru baik, dalam kerajinan maupun produk makanan dan minuman yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan pendapatan keluarga bagi kelompok UP2K yang dibina oleh PKK.

“Saya mengharapkan agar produk-produk ini dapat terus dibina dan ditingkatkan mutunya sehingga dapat bersaing di pasaran,” pungkas Fatma.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HKGP: TP PKK Kotabaru Gelar Lomba-lomba"

Posting Komentar