Terminal Cantung Jadi Tempat Jualan, Sugian: Itu Bukan Keputusan Saya


Kepala Dinas Perhubungan H. Sugian Noor menjelaskan terkait uang tebusan untuk bisa berdagang di Terminal Cantung, Desa Sungai Kupang, Kelumpang Hulu, Kotabaru, Kalsel. (Baca: Terminal Cantung Jadi Tempat Jualan, Nebus Rp 3 Juta...)

"Untuk biaya Rp 3 juta itu atas kesepakatan pedagang dengan pihak yang membangunkan fasilitas. Jadi, itu bukan keputusan saya. Yang kita inginkan itu ada  perubahan dan peningkatan pendapatan UMKM yang dibina dalam wilayah terminal tersebut, apalagi di tengah masa pandemik Covid-19 ini, kita wajib membina dan memfasilitasi kemajuan UMKM. Memangnya tidak bolehkah bagi orang yang berjualan di terminal, di terminal itu orang kan wajar berjualan,  di mana-mana itu terminal ada orang jualan," ungkapnya, Kamis (9/9/2021).

Jadi, kata Sugian, waktu itu dirinya diundang Kepala Desa Sungai Kupang, Camat, dan pedagang dipertemukan untuk membicarakan supaya memindah pedagang itu ke lokasi Terminal.

"Sebenarnya Terminal itu sudah tidak berfungsi dan selama ini tidak ada juga yang singgah karena tertutup oleh  pedagang buah, dan sekarang ini kan Terminal itu sudah dibuka pagarnya lalu kita berdayakan, dan itu tetap masih kita rumuskan dengan Dinas Pendapatan berapa untuk sewa tempat, tapi kan untuk sementara mereka bayar fasilitas sampah, fasilitas air dan listrik, dan itu kan tidak mungkin gratis. Jadi, tujuannya itu menyalurkan keinginan para pedagang supaya ada tempat berdagang yang aman dan sekaligus menertibkan para pedagang yang berjualan di pinggir jalan raya karena itu sangat membahayakan. Sekarang ini kan kebanyakan pedagang itu ada yang bertebaran di bahu jalan," katanya.

Kemudian, kata Sugian, juga menghidupkan kembali tempat tersebut dan memusatkan wisata kuliner biar Desa Sungai Kupang itu, di malam hari ada tempat untuk bersantai seperti: warung kopi, jualan gorengan dan juga ada permainan anak-anak. 

"Atau misalnya juga kekurangan tempat pada saat haul Guru Cantung, kan bisa digunakan untuk mengembangkan ketertiban dan kemajuan Desa. Jadi, pada intinya kita akan merevitalisasi Terminal Desa Sungai Kupang dengan memfungsikan kembali sebagai Terminal  dan rest area sekaligus sebagai wisata kuliner yang dapat meningkatkan pendapatan UMKM," imbuhnya.

(Rahman)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Terminal Cantung Jadi Tempat Jualan, Sugian: Itu Bukan Keputusan Saya"

Posting Komentar