Akan Ada Aspirasi Terkait TBS Anjlok, Roby: Mudahan Dapat Solusi...


(Foto: Istimewa) Anggota DPRD Kotabaru, Rabbiansyah atau Roby

Menurut informasi beredar bahwa Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) akan menyampaikan aspirasi (demontrasi) ke Kantor Bupati Kotabaru, pada Selasa, 17 Mei 2022 meminta Bupati segera menindaklanjuti surat edaran Gubernur Kalsel karena harga Tandan Buah Segar (TBS) turun atau anjlok, padahal sudah ada ketentuan harga dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan.

"UU No.9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum adalah dasar hukum bagi teman-teman dalam menyuarakan pendapatnya atau dalam bahasa lain demo, jadi sah-sah saja teman-teman menyuarakan terkait masalah anjlok dan tidak diterima lagi TBS masyarakat dengan alasan tangki-tangki CPO perusahaan sudah penuh akibat tidak bisa ekspor bahan baku minyak goreng ke luar sesuai intruksi presiden RI Jokowi," kata Anggota DPRD Kotabaru, Rabbiansyah atau Roby ketika diminta tanggapannya, Sabtu (14/05/2022) malam.

Dikatakan Roby, ketua DPRD dan anggota DPRD Kotabaru lainnya sudah menjalankan fungsinya membawa masalah tersebut ke level provinsi, dengan adanya pertemuan ketua DPRD Kotabaru dan di Provinsi Kalsel.

(Baca: Harga Sawit Anjlok, Syairi Tindaklanjuti ke Provinsi...)

"Dilanjutkan dalam minggu kemaren adanya pemanggilan seluruh SKPD yang membidangi perkebunan serta perusahaan-perusahaan 0erkebunan kelapa sawit untuk dimintai penjelasan terkait banyaknya informasi PKS yang tidak menerima TBS masyarakat dengan dalih penampungan CPO mereka sudah penuh, tentu juga masyarakat petani sawit yang dinaungi Apkasindo punya hak mendapatkan penjelasan dari Pemkab Kotabaru dalam hal ini Bupati, langkah apa yang sudah dilakukan terkait masalah harga dan ditolaknya sawit-sawit masyarakat," tutur Roby.

Roby berpesan kepada yang melaksanakan demo harus tertib, aman, dan kondusif.

"Tidak merusak fasilitas apapun serta maksud dan tujuan demo tersampaikan. Mudah-mudahan mendapatkan solusi mengingat masalah ini bukan hanya masalah di daerah kita, tetapi seluruh Indonesia merasakan hal yang sama," pumgkasnya.

(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akan Ada Aspirasi Terkait TBS Anjlok, Roby: Mudahan Dapat Solusi..."

Posting Komentar