PKTD Tanam Padi di Desa Sungai Pasir, Siap Panen tapi Gagal Panen


Kaaasan Persawahan di RT 009 Desa Sungai Pasir.

Kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) tahun 2021, penanaman padi sawah di kawasan persawahan RT 009 Desa Sungai Pasir, Kecanatan Pulau Laut Tengah, Kotabaru, Kalsel, padinya sudah siap panen tapi gagal panen.

Sebab, ketika padi sudah masanya dipanen, karena pekerja merasa upah hariannya tidak dibayar, akhirnya padi yang siap dipanen itu dimakan burung.

"Besar (masak) padinya cuma tidak pasti penjaganya, kalau tidak digajih mana mau orang (pekerja), akhirnya (padi yang siap panen itu) dimakan burung," beber warga.

Dikonfirmasi, Jumat (27/05/2022), Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA), Daryono mengatakan, upah penjaga burung (agar tidak makan padi) memang tidak ada anggarannya.

"Kami tidak berani mengeluarkan (uang) karena tidak ada di anggaran, biasanya kalau tidak ada di RAB kita yang salah. Yang ada anggarannya hanya pengurukan lahan, pengolahan, penyemaian, penanaman, dan perawatan," katanya.

Terkait hal ini, Kepala Desa Sungai Pasir, Kaspul Anwar, mengaku sempat menegur PKA dan atau TPK.

"Dana (upah) penjaga burung kita bayarkan, tapi munculmya di pagi hari saja, sore sudah tidak ada lagi, itu kita setengah disalahkan oleh tokoh tokoh, karena menunjuk orang yang kurang bertanggung jawab...," katanya.

(IHa)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PKTD Tanam Padi di Desa Sungai Pasir, Siap Panen tapi Gagal Panen"

Posting Komentar