Diskominfo Kotabaru Gelar Sosialisasi SDI

(Foto: istimewa)

Dalam rangka mengimplementasikan kebijakan satu data indonesia, Pemerintah Daerah Kotabaru melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar sosialisasi Satu Data Indonesia di Oproom Setda Kotabaru, Selasa (19/07/2022).

Plt. Kadiskominfo Kotabaru, Gusti Abdul Wakhid mengatakan, kegiatan sosialisasi Satu Data Indonesia bertujuan untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat. 

"Sosialisasi SDI ini untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar perangkat daerah sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan," terangnya.

Sekretaris Daerah Kotabaru, H.Said Akhmad saat membuka acara ini mengatakan, penyelenggaraan Satu Data Indonesia diperlukan dedikasi dan integritas yang tinggi untuk menghasilkan data yang berkualitas. Serta menekankan agar sinergitas dan kerjasama yang baik antar instansi terkait dapat ditingkatkan terus. 

" Untuk melaksanakan SDI diperlukan dedikasi dan integritas yang tinggi untuk menghasilkan data yang berkualitas, karena berbagai tantangan dalam pengumpulan, pengolahan maupun penyebarluasan data akan selalu ada kendala," katanya.

Selain itu, lanjutnya, peran dan fungsi data dalam perencanaan pembangunan merupakan hal yang sangat penting sebagai dasar menentukan kebijakan penetapan indikator pembangunan dan sekaligus sebagai alat untuk melakukan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan pembangunan. Untuk itu saya menekankan agar sinergitas dan kerjasama yang baik antar instan dapat ditingkatkan terus," imbuhnya.

Sekda mengatakan SDI merupakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data yang berkualitas, mudah diakses dan dipakai antar instansi pusat dan daerah.

Adapun nara sumber dalam kegiatan sosialisasi Satu Data Indonesia (SDI) adalah, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kotabaru H. Akhmad Rivai, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kotabaru Rurien Srihardjanti, dan BPS Provinsi Kalsel, Najwa Dauli.

(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diskominfo Kotabaru Gelar Sosialisasi SDI"

Posting Komentar