Syairi Apresiasi Poktan Sido Makmur dan Berpesan...

(Ist)

Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis dalam pidatonya mengapresiasi dan mengucap rasa syukur atas pencapaian kelompok tani Sido Makmur yang panen raya padi di Desa Bumi Asih, Kecamatan Kelumpang Selatan, Kotabaru, Selasa (10/8/2022).

Dalam ulasannya, Syairi mengungkapkan kondisi saat ini. Beberapa negara di dunia sudah mengalami krisis pangan.

Dikatakan Syairi, selaras dengan apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam rangka penanggulangan terhadap ketahanan pangan. "Maka kita juga harus bersiap diri menghadapi tantangan globalisasi dunia yang luar biasa," katanya.

Syairi menyebut, ketika terjadi perang dunia Rusia dan Ukraina membawa dampak luar biasa ke beberapa negara, tak terkecuali Indonesia. 

"Yang kita rasakan harga BBM tinggi. Tentu tidak menutup kemungkinan akan berimbas terhadap kondisi ketahanan pangan negara, makanya Presiden sudah mengintruksikan kita sudah bersiap diri untuk menyandang ketahanan pangan kita sendiri," katanya.

Disampaikan Syairi pula bahwa pasca pandemi Covid-19 kurang lebih dua tahun menghantam perekonimian. 

"Alhamdulillah telah berangsur pulih. APBD-P 2022 kita naik Rp 252 miliar," ungkapnya.

Dalam perjalanannya, lanjut Syairi, dalam rangka mendukung visi misi Bupati.

"Program kita selaras dengan visi misi Bupati. Pertama terkait pengembangan pariwisara dan agrobisnis. Agrobisnis dari sektor pertanian, Kotabaru dapat penghargaan juara satu sebagai ekspor komoditi pertanian dan perkebunan. Tentu ini harus dipertahankan. Mempertahankan sesuatu ini tentu sangat berat, tentu harus perlu sinergitas dan kerja sama seluruh elemen masyarakat sampai ke kelompok tani.Tentu harus didukung dinas terkait sampai PPL," katanya.

Dalam visi misi, kata Syairi, datang dari usulan dalam musrenbang desa, program SKPD, dan reses.

Dari tiga jalur usulan masyarakat itu, nanti akan menjadi satu dalam RKPD. RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah).

"Dalam hal ini yang dikomandoi oleh Bupati kita," sebut Syairi.

RKPD itu jadilah satu buku (program) ke mana Kotabaru akan dibawa.

"Sehingga melahirkanlah hasilnya yang bisa kita lihat hari ini di sektor pariwisata Siring Laut begitu wah luar biasa. Pantai Gedambaan sangat berkesan. Gunung Mamake. Gunung Bapake dikembangkan lagi untuk para layang. Gua Lowo. Ini salah satu yang tertuang dalam RKPD. Makanya kegiatan reses kami, aspirasi masyarakat yang kami tampung dan kami sampaikan kepada masyarakat ketika mereka mengusulkan kegiatan, harus selaras dengan visi misi Bupati. Jadi, ketika nanti masuk ke SKPD ini sudah selaras," tuturnyam

Di sini, lanjut Syairi, perlu juga sama-sama dalam rangka ketahanan pangan. 

"Ada beberapa kexamatan yang tidak memiliki lahan pertanian. Ada wilayah yang meiliki lahan pertanian, tentu regulasinya harua kita siapkan. Kemarin ada reperda tentang perlindungan lahan pertanian. Karena pak Jokowi menyampaikan sebesar apapun keinginan kita untuk mempertahankan kondisi ketahanan pangan kita, ketika lahannya sudah tidak ada tersedia lagi, kita mau apa? Tidak bisa. Hari ini yang kita lihat di depan mata saja depan belakamg (lahan persawahan) sudah lahan kelapa sawit. Lahan-lahan inilah yang mungkin maksud kita adalah yang perlu dibuatkan secara aturan dan juga dukungan dari BPN terkait legalitasnya, sehingga lahan ini bisa terproteksi dengan baik," ungkapnya.

Di akhir pidatonya, Syairi berpesan kepada Camat Kelumpang Selatan agar sama-sama mwnjaga jalannyang sudah diaspal.

"Ada beberapa kerusakan jalan. Ada beberapa truk yang beban muatannya berlebihan. Ini yang akan menjadi perhatian kita. Kita akan buatkan regulasinya," pungkasnya.

(IHa)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syairi Apresiasi Poktan Sido Makmur dan Berpesan..."

Posting Komentar