Pemkab dan TP PKK Kotabaru Gelar Lomba Masak Serba Ikan

(ist)

Pemerintah Kabupaten Kotabaru dan Tim Penggerak PKK menggelar lomba masak serba ikan di Gedung Paris Barantai, Selasa (6/9/2022).

Lomba diikuti 19 pesertal dari kecamatan dengan menyajikan berbagai olahan berbahan dasar ikan. 

Lomba ini bertrma, "Ragam Kreasi Olahan Ikan Wujudkan Masyarakat Kotabaru yang Sehat, Bebas Stunting, Kuat, Inovasi, Kreatif dan Sejahtera."

Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana mengataka melalui gerakan masyarakat makan ikan (gemarikan)  dalam upaya meningkatkan gizi masyarakat Kotabaru, mengingat masih adanya angka stunting. 

"Permasalahan gizi masih cukup memperhatinkan yang ditandai dengan masih adanya angka stunting di tempat kita dan dalam upaya meningkatkan gizi masyarakat Kotabaru menjadi kebijakan yang diambil pemerintah melalui gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan) dan lomba masak serba ikan ini untuk diversifikasi produk olahan ikan, " tutur Fatma.

Kepala Dinas Perikanan Kotabaru Johanuddin mengatakan lomba masak serba ikan karena diketahui ikan sebagai sumber protein yang tinggi, dan bisa dipadukan dengan  makanan jenis lain, sehingga gizi yang diperoleh bisa lengkap dan seimbang. 

"Jadi kegiatan hari ini adalah lomba masak serba ikan, kenapa serba ikan, karena kita tahu di dalam ikan banyak terdapat protein yang tinggi, " katanya 

Selain itu, lanjutnya, lomba ini juga untuk meningkatkan kreativitas ibu- ibu dalam menghidangkan makanan yang kaya dengan protein dan gizi. 

"Adapun tujuan lomba ini untuk meningkatkan kreativitas ibu-ibu dalam mengolah ikan menjadi makanan yang disukai. Oleh karena itu, lomba ini  ada tiga kategori, yaitu menu keluarga, menu balita dan menu kudapan. Biar dari anak-anak hingga orang dewasa gemar makan ikan ," ungkapnya.

Kabid. Pengembangan Sumber Daya dan Daya Saing Perikanan Kotabaru Mastarwiansyah menambahkan, lomba ini untuk menciptakan kreasi menu berbasis ikan dan mensosialisasikan gemar makan ikan untuk masyarakat, dengan tujuan utama untuk salah satu penuntasan stunting.

" Jadi kita usahakan dengan adanya lomba ini agar anak-anak dapat terbebas dari stunting, khusunya untuk ibu hamil agar gemar mengkonsumsi ikan, dan produk olahan ikan lainnya, sehingga mereka tahu bahwa produk olahan ikan bermanfaat," tuturnya.

Tiga kategori lomba.

Adapun untuk kriteria yang dinilai dewan juri yang berkompeten di bidangnya masing- masing yaitu, kreativitas menu atau resep, citra rasa, nilai gizi, dan kebersihan, penyajian atau tampilan serta proporsi ikan harus 80 persen. 

Menu keluarga:

Kecamatan Kelumpang Hilir 140, 5.

Kecamatan hampang 131,5.

Kecamatan Kelumpang Hulu 131,3.

Menu balita:

Kecamatan Pulau Laut Sigam 119.

Kecamatan Pamukan Barat 118.

Kecamatan Pulau Laut Kepulauan 117.

Menu Kudapan:

Kecamatan Pulau Laut Timur 129. 

Kecamatam Kelumpang Hulu 119.

Kecamatan Pulau Sebuku 18,5.

Peserta favorite dimenangkan Kecamatan Sungai Durian.

(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab dan TP PKK Kotabaru Gelar Lomba Masak Serba Ikan"

Posting Komentar