Bupati Apresiasi SMAN1 Kelumpang Hulu Dapat Penghargaan Adiwiyata

(ist)

SMA Negeri 1 Kelumpang Hulu mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2022.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyerahkan piagam pengharagaan itu di acara yang digelar di Gedung Manggala Wanabakti Jakara, pada Kamis, 1 Desember 2022.

Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan pemerintah kepada sekolah yang telah berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) berdasarkan Peraturan Menteri LHK Nomor 52 Tahun 2019 tentang gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) dan Nomor 53 Tahun 2019 tentang Penghargaan Adiwiyata.

Gerakan PBLHS dilaksanakan sejak tahun 2006, yang dikenal dengan nama Program Adiwiyata, bertujuan untuk mewujudkan perilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup, dan berdampak pada meningkatnya kualitas lingkungan hidup di sekolah dan daerah.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydus sangat menyambut baik diraihnya penghargaan Adiwiyata ini dan mengharapkan agar dapat memotivasi  seluruh warga sekolah lainnya untuk sadar, sukarela, dan berkelanjutan menerapkan perilaku ramah lingkungan. Baik di aspek kebersihan, sanitasi, drainase; pengelolaan sampah, penanaman, pemeliharaan pohon atau taman-taman di lingkungan sekolah. 

"Saya mengapresiasi dan terima kasih kepada sekolah dan semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dan berinovasi dalam penilaian ini hingga berhasil meraih Adiwiyata, semoga tahun-tahun berikutnya akan lebih banyak lagi sekolah kita yang meraih penghargaan ini," ucapnya.

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru, HM Maulidiansyah, mengatakan tahun 2022 ini penilaian Adiwiyata diikuti 789 peserta dari 27 provinsi. Untuk itu ia  mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Kotabaru yang sering memberikan arahan, pembinaan, bahkan turun langsung ke lapangan terkait lingkungan termasuk pengelolaan lingkungan di sekolah-sekolah seperti  kebersihan, pengelolaan sampah, dan penghijauannya. 

Kadis juga mengucapkan terimakasih  kepada tim penilai dan pembina Adiwiyata Kabupaten Kotabaru serta pihak sekolah yang telah mendukung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Apresiasi SMAN1 Kelumpang Hulu Dapat Penghargaan Adiwiyata"

Posting Komentar