Bupati Kotabaru Berterima Kasih ke Lembaga Adat Bangkalan Dayak

(Foto: Diskominfo)

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar didampingi Ketua PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana, dan kepala SKPD menghadiri acara adat di Gua Temuluang yang dilaksanakan warga Bangkalan Dayak, Kecamatan Kelumpang Hulu, Minggu (08/01/2023).

Acara atau aruh adat yang dilaksanakan setiap tahun ini sebagai bentuk rasa syukur warga di sana atas hasil panen sarang burung walet.

Di halaman Balai Adat Bangkalan Dayak, Bupati memotong kerbau dan memberikan bantuan Rp 20 juta.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar dalam sambutannya, mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung dilaksanakannya acara adat ini.

"Karena masyarakat setempat serius melestarikan adat istiadat peninggalan leluhur yang merupakan kekayaan budaya kita yang tidak dimiliki oleh daerah lain," katanya.

Selain itu lanjut Bupati, acara adat ini sebagai daya tarik pariwisata Kotabaru, khususnya Desa Bangkalan Dayak, sehingga bisa menambah jumlah wisatawan datang ke Kotabaru.

"Jadi, ke depannya harus dibenahi dan dikemas agar lebih menarik lagi. Bukan hanya pelestarian adat budaya saja, namun juga sebagai daya tarik pariwisata khususnya di Desa Bangkalan Dayak ini," ucap bupati 

Bupati berharap partisipasi dan dukungan seluruh lapisan masyarakat khususnya warga adat dayak dalam melestarikan adat istiadat dan budaya yang telah diwariskan.

"Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan terima kasih kepada lembaga adat Bangkalan Dayak yang sudah melestarikan kebudayaan dan adat istiadat masyarakat dayak, sehingga dapat terus eksis," ucap Bupati.

Bupati mengajak, agar bersama - sama Pemkab Kotabaru mendukung pembangunan daerah khususnya pemberdayaan, pelestarian, dan pengembangan adat dayak di Kotabaru.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Kotabaru Berterima Kasih ke Lembaga Adat Bangkalan Dayak"

Posting Komentar