Di Kotabaru, Pendaftaran Uji Kir Sudah Bisa Online

(Foto: Diskominfo)

Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Kotabaru untuk pertama kalinya menerapkan layanan pengujian kendaraan bermotor (Kir) secara elektronik.

Layanan itu dimulai saat peluncuran penerapan bukti lulus uji secara elektronik berbasis (BLU-e) Smart Card di Gedung UPT PKB Dinas Perhuubungan Kotabaru, Kamis (05/01/2023).

Layanan BLU-e Smart Card ini merupakan inovasi baru dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang transportasi, khususnya di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor. yakni dengan bukti lulus uji elektronik (BLU-e)  yang dipasang di kendaraan, sehingga dapat dideteksi melalui smartphone untuk mengganti bukti lulus uji Kir yang dulu berbentuk buku, dan dapat meningkatkan kinerja dalam mutu pelayanan. 

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar menyambut positif adanya layanan ini, untuk memberikan kemudahan layanan pengujian bermotor, agar memastikan kendaraan baik jalan dan meningkatkan keselamatan berkendaraan. 

"Saya menyambut positif dengan hadirnya pelayanan pengujian berkala kendaraan bermotor di Kabupaten Kotabaru sebagai upaya untuk melayani masyarakat, agar transportasi sebagai ujung tombak perekonomian semakin lancar. Pelayanan pengujian berkala kendaraan adalah untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan uji kendaraan dan memberikan jaminan keselamatan secara teknis terhadap pengguna kendaraan bermotor di jalan," kata Bupati.

Bupati menginginkan adanya BLU-e smart card dapat meningkatkan mutu pelayanan untuk  pembangunan di Kabupaten Kotabaru. 

"Dengan telah beroperasinya layanan  ini, saya mengharapkan seluruh petugas dapat memberikan pelayanan yang berkualitas,  mudah, dan cepat kepada masyarakat. Di era seperti sekarang kualitas pelayanan adalah hal yang utama. Dengan pelayanan yang berkualitas dan memanfaatkan teknologi, masyarakat akan merasa nyaman dalam memanfaatkan layanan uji KIR, sehingga potensi PAD yang diperoleh bisa dimaksimalkan untuk pembangunan di Kabupaten Kotabaru,." kata Bupati.

Di akhir sambutannya, Bupati Kotabaru mendorong agar ke depan Dinas Perhubungan Kabupaten terus berlari, bertransformasi, dan berinovasi, utamanya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru Khairian Anshari bersyukur dalam satu bulan pihaknya mampu memenuhi persyaratan dari Kementrian Perhubungan dan mendapatkan akreditasi B, sehingga pada saat ini pihaknya sudah bisa melaksanakan operasional pelayanan pengujian kendaraan bermotor kepada masyarakat Kabupaten Kotabaru.

Sebagai sebuah inovasi lanjutnya, pelayanan pendaftaran uji Kir Dinas Perhubungan Kotabaru bisa diakses secara online di alamat website e-kir.kotabaru.info.

"Di situ masyarakat bisa melaksanakan pendaftaran secara online, memilih jadwal dan waktu pengujian serta melakukan pembayaran retribusi secara online melalui Qris Bank Kalsel," terangnya.

Sementara, perwakilan Direktorat Sarana Kementrian Perhubungan RI Kasi LLAJ BPTD Wilayah XV Provinsi Kalimantan  Selatan Ade Supriadi dalam sambutan mengapresiasi launching pelayanan pengujian kendaraan bermotor berbasis BLU-e smart card  ini, serta dalam pencapaian Dinas Perhubungan Kotabaru. 

"Pelaksanaan unit pelayanan pengujian kendaraan bermotor menggunakan BLU-e Smart Card merupakan suatu pencapaian yang sangat baik dan bagus dengan sistem yang canggih. Selain itu juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Kotabaru karena atas dukungan beliau dapat mencapai akreditasi B dalam waktu sebulan," ucapnya.

Di acara ini, perwakilan Kementerian Perhubungan juga menyerahkan sertifikasi akreditasi B tersebut  

Kepala  Cabang Bank Kalsel menyerahkan pembayaran non tunai Qris Bank KalSel kepada Bupati Kotabaru didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru.

Serta penyerahan bukti lulus uji berkala elektronik kepada perwakilan instansi pemerintah, perusahaan dan pengusaha angkutan umum.

Selain itu, Bupati Kotabaru bersama rombongan melaksanakan peninjauan pengoperasian pengujian kendaraan bermotor.

Turut hadir Ketua TP PKK kabupaten Kotabaru, Forkopimda, kepala Bandara (Stagen) Gusti Sjamsir Alam Kotabaru, asisten Bupati dan kepala SKPD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di Kotabaru, Pendaftaran Uji Kir Sudah Bisa Online"

Posting Komentar