Bakesbangpol Tanbu Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

(Foto: MC Tanbu)

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan di Pendopo Serambi Madinah.

Acara yang dibuka Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar, pada Kamis, 16 November 2023, itu digelar dalam rangka menciptakan pemilu yang kondusif dan tertib.

Bupati mengatakan, wawasan kebangsaan dan peran serta masyarakat dalam pelaksana Pemilu sangat penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara berpolitik dengan baik dan bijak.

Pemilih pemula maupun masyarakat juga berperan sebagai pengawasan partisipatif lapis kedua selain pengawas TPS.

"Harapannya, mereka dapat menjadi penyelamat suara rakyat Indonesia, sehingga calon pemimpin yang terpilih itu benar-benar datang dari kehendak suara rakyat," ungkapnya.

Dikatakan Bupati, peran masyarakat dalam Pemilu atau Pilkada diharapkan dapat mencegah pelanggaran maupun adanya korupsi politik pada Pemilu, serta mampu menciptakan Pemilu aman dan sejahtera.

“Sehingga Pemilu serentak tahun 2024 di Tanbu terlaksana secara tertib dan bersih guna mewujudkan Tanah Bumbu Bersujud sebagai Serambi Madinah,” kata Bupati.

Kepala Bakesbangpol Tanbu, Nahrul Fajeri, mengatakan tujuan sosialisasi ini untuk membangun kesadaran akan perbedaan dan keanekaragaman di dalam masyarakat, serta pentingnya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa.

Adapun dasar kegiatan ini, Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan.

Pesertanya, pejabat Pemkab Tanbu, kepala desa, Lurah, ketua RT, pelajar, Ormas, LSM, dan lainnya.

(***)

Sumber: https://mc.tanahbumbukab.go.id/amp/pentingnya-wawasan-kebangsaan-dan-peran-masyarakat-ciptakan-pemilu-kondusif-dan-tertib/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bakesbangpol Tanbu Sosialisasi Wawasan Kebangsaan"

Posting Komentar