Diskominfo Kotabaru Sosialisasi Indeks Keamanan Informasi KAMI

(Foto: ist)

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotabaru Bidang Komuniasi Publik dan Persandian sosialisasikan indeks keamanan informasi (KAMI) di Operation Room, dihadiri SKPD terkait, Selasa (21/11/2023).

Sekda Kotabaru, H.Said Akhmad saat membuka kegiatan ini.

Sekda mengatakan, evaluasi dilakukan terhadap beberapa area target penerapan keamanan informasi dengan ruang lingkup pembahasan yang juga memenuhi semua aspek keamanan yang didefinisikan oleh standar SNI ISO/IEC 27001:2009, yaitu tata kelola keamanan informasi, pengelolaan risiko keamanan informasi, kerangka kerja keamanan informasi, pengelolaan informasi, serta teknologi dan keamanan informasi.

"Oleh karena itu, melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan penguatan yang dilakukan dalam kegiatan keamanan informasi akan mendukung penyelenggaraan sistem pemerintah berbasis elektronik. Saya berharap kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini secara serius, agar dapat memahami penggunaan secara mandiri tingkat kematangan/kesiapan penerapan tata kelola keamanan informasi di unit bersangkutan," katanya.

Plt. Diskominfo Kotabaru, Kamirudin, mengatakan indeks keamanan informasi adalah alat evaluasi untuk menganalisa tingkat pengamanan informasi sebuah sistem informasi untuk memberikan gambaran kondisi kesiapan dan kematangan penerapan kerangka kerja keamanan informasi di dalam instansi pemerintah.

"Dengan samakin tingginya teknologi informasi di masyarakat, dengan adanya transformasi digital menimbulkan risiko keamanan siber semakin tinggi dan rendahnya kesadaran akan tingginya keamanan informasi, sehingga maraknya serangan hacker, serangan malware yang menyebabkan gangguan sampai dengan kerusakan elektronik," katanya.

Sekretaris Kominfo Kotabaru, Gusti Abdul Wahid, mengatakan KAMI adalah alat evaluasi untuk menganalisa tingkat pengaman informasi sebuah sistem informasi untuk memberikan gambaran kondisi kesiapan dan kematangn penerapan kerangka kerja keamanan informasi.

Pengaman informasi merupakan sekumpulan metode untuk mewujudkan keamanan informasi yang harus dilaksanakan seluruh instansi yang memilik sistem elektronik untuk mendukung kegiatan operasional.

Keamanan informasi adalah mekanisme pengamanan pada data dan informasi yang bertujuan untuk menjaga kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data dan informasi yang ada pada sistem elektronik yang dikelola oleh instansi pemerintah daerah

Dihadirkan sebagai narasumber kegiatan ini, dari Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan, Sucilianita Akbar, Abdul Gafur, dan dari BSSN Mochamad Jazuly.

(***)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Diskominfo Kotabaru Sosialisasi Indeks Keamanan Informasi KAMI"

Posting Komentar