Sekda Kotabaru Buka Festival Gekraf Banua se-Kalsel di Siring Laut

(Foto: Diskominfo Kotabaru)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru H. Said Akhmad membuka Festival Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Banua se-Kalsel di obyek wisata Siring Laut, Jumat (17/11/2023), malam.

Sekda sangat mengapresiasi atas terselenggaranya festival ini.

Gekraf  adalah sebuah oraganisasi komunitas dalam bidang pengembangan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.

"Gekraf merupakan sebuah gerbong penggerak ekonomi kreatif di Indonesia yang terfokus pada pengembangan 17 sub sektor ekonomi kreatif sebagai pilar ekonomi di masa depan," terang Sekda.

Kegiatan Gekraf ini, kata Sekda, sebagai wujud kepedulian untuk menghimpun anak-anak muda yang kreatif.

"Saya yakin Gekraf Kabupaten Kotabaru bisa terus konsisten menjadi organisasi terbuka dan mampu berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam upaya untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Kotabaru," ungkap Sekda.

Pada keaempatan itu, Sekda mengucapkan selamat kepada ketua, pengurus dewan pimpinan cabang gerakan ekonomi kreatif Kabupaten Kotabaru tahun 2023-2025, dengan harapan lokomotif bersama membangkitkan ekonomi kreatif bagi para pelaku usaha di Kabupaten Kotabaru.

Plt. Kepala Disparpora Kotabaru Risa Ahyani, mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mengimplementasikan Perda Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif.

"Dengan beberapa tahapan di tahun 2023 telah melaksanakan pemetaan potensi ekonomi kreatif bekerjasama dengan LPPM Universitas Lambung Mangkurat dan hasilnya ada 17 sub dektor sudah terpetakan di seluruh wilayah Kabupaten Kotabaru," ujarnya.

Sekaligus, lanjutnya, memfasilitasi pandaftaran 40 karya cipta hak kekayaan intelektual (HAKI) melalui Kemenkumham Provinsi Kalimantam Selatan. 

"Insya Allah tahun 2024 kita akan  membangun Creative Hub Kotabaru sebagai sentra pembinaan ekonomi kreatif di Kabupaten Kotabaru, sehingga upaya peningkatan kualitas produk serta strategi pemasaraanya bisa lebih tepat sasaran," katanya.

Di stan festival ini ditampilkan produk UMKM mulai dari hiasan pernak pernik, sasirangan hingga kuliner. 

Lainnya, ada game di acara  pembukaan diisi dengan berbagai kegiatan di antaranya, pengukuhan pengurus Gekraf se-Kalsel, launching aplikasi Si Akrab Ekraf Kotabaru, penyerahan dokumen  roadmap, penyerahan simbolis sertifikat HAKI, penandatanganan berita acara penetapan struktur komunitas 17 sub dektor Ekraf Kotabaru.

(*/Ronal)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekda Kotabaru Buka Festival Gekraf Banua se-Kalsel di Siring Laut"

Posting Komentar