BPBD Tanbu Gelar FKP RPB Tahun 2023

(Foto: MC Tanbu)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar forum konsultasi publik (FKP) bersama instansi terkait kebencaan. Kegiatan ini dalam rangka ekspos laporan akhir penyusunan dokumen Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) tahun 2023 di  Hotel Ebony, Jumat (08/12/23).

Bupati Tanbu Zairullah Azhar melalui Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Eryanto Rais yang membuka acara ini.

Bupati dalam sambutannya yang disampaikan Eryanto Rais mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, karena telah membangun koordinasi, komitmen, dan berpartisipasi aktif, baik dari pemerintah daerah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, dan media.

“Tersusunnya dokumen ini tak lepas dari dukungan kita semua. Terutama untuk menggapai cita-cita bersama guna mendukung penuh terwujudnya Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana BPBD melalui Sekretarisnya Dwi Kesuma Putera menambahkan, dokumen kebencanaan ini harus dimiliki setiap daerah dan perlu diperbaharui setiap lima tahun.

“Dokumen ini merupakan pembanding dalam penyusunan RPJMD maupun penyusunan dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah(RTRW),” ujarnya.

Dokumen ini menjadi pedoman kebijakan pemerintah daerah untuk merencanakan program dan kegiatan yang mengintervensi langsung stakholder terkait dalam upaya penanggulangan bencana.

“Baik mulai dari proses pencegahan, darurat hingga rehabilitasi rekonstruksi pasca bencana sesuai dengan tupoksi dan perannya selama 5 tahun,” terangnya.

Dia menambahkan, dengan adanya RPB ini ke depannya dapat meningkatkan indikator kinerja pimpinan daerah dalam rangka pengurangan indeks risiko bencana.

“Outputnya adalah meningkatkan rasa aman dan tentram masyarakat dari bahaya bencana, yang muaranya diharapkan dapat meningkatkan daya tarik investasi di Tanbu,” pungkasnya.

Hadir di acara ini, perwakilan Kodim 1022 Tanbu, Polres, Danlanal, Kejari, Korlap Siaga SAR Batulicin, KPH Kusan, Manggala Agni, Instansi terkait, Camat dan pihak konsultan dari PT Kinarya Alam Raya. (Iwn)

Sumber: 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BPBD Tanbu Gelar FKP RPB Tahun 2023"

Posting Komentar