Puskesmas Kotabaru Laksanakan Reakreditasi

(Foto: ist)

Puskesmas Kotabaru melaksanakan reakreditasi, Rabu (06/11/2023).

Sebelumnya diberikan pembina dari surveyor reakreditasi LAMFI.

Reakreditasi dilaksanakan selama tiga hari, 06-08 Desember 2023. 

Acara pembukaan survei reakreditasi  dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru, Kepala Dinas Kesehatan, Forkopimcam Pulau Laut Sigam, Kepala Desa Sigam dan puskesmas yang ada di Kecamatan Pulau Laut Utara.

Perlu diketahui, akreditasi puskesmas adalah suatu pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian eksternal oleh komisioner akreditasi, apakah sudah sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan.

Seperti yang disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru, H. Minggu Basuki, mengatakan dengan adanya reakreditasi supaya puskesmas dapat mengetahui standar pelayanan mereka.

"Untuk mencapai standar pelayanan puskesmas, surveyor mengevaluasi tak hanya dari dokumen saja, tetapi juga dari infrastruktur dan juga dari wawancara yang nantinya akan ketahuan bahwa standar apa yang sudah diberikan Puskesmas Kotabaru ini," ujarnya.

Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

"Harapannya Puskesmas Kotabaru ini, bahwa standar yang mereka berikan ini apakah sudah memenuhi syarat standar yang sudah diberikan Menteri Kesehatan atau masih dibawah tingkatan," tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Erwin Simanjuntak, mengatakan hari ada 6 puskesmas yang direakreditasi.

"Bahwa kita melaksanakan reakreditasi kepada 28 puskesmas dan hari ini yang di reakreditasi ada 6 puskesmas tidak hanya di Kotabaru juga yang ada di kecamatan, di antaranya Puskesmas Tanjung Selayar, Hampang, Sungai Kupang dan Pudi, supaya dapat meningkatkan pelayanan mutu kesehatan masyarakat. Kami juga akan mengenjot reakreditasi ini sampai akhir tahun," katanya. 

Kepala Puskesmas Kotabaru, dr Mohammad Iqbal, mengatakan reakreditasi untuk meningkatkan mutu pelayanan masyarakat.

"Apabila tidak akreditasi, maka puskesmas tidak bisa bekerjasama dengan BPJS kesehatan," katanya.

(***)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puskesmas Kotabaru Laksanakan Reakreditasi"

Posting Komentar