BLK Tanbu Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap Dua

(Foto: istimewa)

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (
Disakertrans) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) gelar pelatihan berbasis kompetensi (PBK) tahap dua tahun 2024.

Kepala Disnakertrans Tanbu, Kadri Mandar yang membuka kegiatan itu di Gedung Serbaguna Balai Desa Batuah, Kecamatan Kusan Hilir, Rabu (22/5/2024).

Kadri mengatakan pelatihan berbasis kompetensi ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan kepada pencari kerja sehingga menjadi calon tenaga kerja yang kompeten dan mampu bersaing di pasar kerja setelah menyelesaikan pelatihan di BLK.

“Terkait tenaga kerja ini, sudah ada MoU dengan perusahaan sehingga alumni BLK yang sudah memiliki sertifikat kompetensi bisa berkoordinasi dengan Disnakertrans maupun BLK jika belum memiliki pekerjaan,” ujarnya.

Kadri berharap, melalui pelatihan berbasis kompetensi ini mampu mengurangi pengangguran di Tanah Bumbu.

Kepala UPTD BLK Tanah Bumbu, Wiyono  mengatakan pelatihan berbasis kompetensi tahap dua meliputi lima kejuruan, yaitu pengelola administrasi perkantoran,
desainer grafis muda, pembuatan roti dan kue, menjahit pakaian wanita dewasa, dan pemeliharaan injeksi kendaraan ringan.

PBK tahap dua ini bertema, “Pengembangan Kemampuan dan Keterampilan Sebagai Bekal Masuk ke Pasar Kerja, Wirausaha dan Menguatkan Produktivitas.”

Hadir di acara pembukaan PBK, Kapolsek Kusan Hilir, Sekcam Kusan Hilir, Kepala Sekolah dari beberapa sekolah di Pagatan. Perwakilan Bank BNI, perwakilan BPJS Ketenagakerjaan, instruktur UPTD BLK Tanah Bumbu, peserta pelatihan angkatan I dan II.

Peserta yang mengikuti pelatihan secara simbolis diberikan fasilitas seperti seragam, tas, ATK, sepatu, BPJS Ketenagakerjaan dan uang transportasi. (Ril)

Sumber: https://mc.tanahbumbukab.go.id/amp/dinas-nakertrans-tanbu-gelar-pelatihan-berbasis-kompetensi-tahap-dua/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BLK Tanbu Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap Dua"

Posting Komentar