Camat Kusan Tengah Buka Pembinaan FKDM di Wilayahnya

(Foto: istimewa)

Camat Kusan Tengah Aidil Adha membuka kegiatan p
embinaan yang dilakukan forum kewaspadaan dini masyarakat (FKDM) di Balai Desa Saring Sungai Binjai, Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (21/5/2024).

Acara dihadiri unsur Kejaksaan Tanah Bumbu, Staf Khusus Bupati Tanbu serta Forkopimcam Kusan Hilir.

Camat mengatakan FKDM sebagai lembaga yang memiliki peran strategis dalam antisipasi dini maupun penanganan dini terhadap peristiwa-peristiwa dan konflik di tingkat masyarakat. Maka itu pentingnya memperkuat FKDM melalui tingkat desa sampai ke bawahnya.

“Untuk melakukan kewaspadaan dini sejatinya harus dilakukan penggalian informasi secara dini sehingga segalanya bisa dianalisa lebih dulu terkait potensi ancaman dimasyarakat," ujarnya.

Menjelang Idul Adha, tentu katanya, potensi ancaman dini bisa disebabkan oleh gejolak harga.

Begitu pula dengan menjelang Pilkada di mana perbedaan pilihan turut memicu konflik di tengah masyarakat.

“Melalu kegiatan FKDM diharapkan peran masyarakat untuk saling membantu aparat keamanan dalam mencegah berbagai potensi konflik dan saling berkoordinasi dengan lintas terkait untuk mencegah potensi konflik tersebut," tuturnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Nahrul Fajeri melalui Kasubbid Kewaspadaan Dini dan Penanganan Konflik Sosial, Fatmadi Anas mengungkapkan, tujuan dari pembinaan ini, yakni untuk memperkuat FKDM melalui Forkopimcam.

Penguatan lainnya, yaitu menjaring menampung mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi mengenai ancaman tantangan hambatan dan gangguan di Kecamatan Kusan Tengah.

“Kemudian menggali informasi, mengindentifikasi potensi konflik dan penanganan konflik sosial di wilayah Kecamatan Sungai Tengah,”pungkasnya.(Ewin)

Sumber: https://mc.tanahbumbukab.go.id/amp/pembinaan-fkdm-tekankan-kewaspadaan-jelang-pilkada/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Camat Kusan Tengah Buka Pembinaan FKDM di Wilayahnya"

Posting Komentar