Pemkab Tanbu Tawarkan PLTA Kusan ke Investor Jepang

(Foto: istimewa)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (
Tanbu) melalui DPMPTSP hadir pada acara indonesia investment forum (IIF) di Tokyo, Jepang. 

"Pada kesempatan itu, Pemkab Tanbu menawarkan hydroelektic power plant/pembangkit listrik tenaga air kepada investor Jepang," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Tanbu, Adrianto Wicaksono.

Indonesia Investment Forum ini diselenggarakan Kedutaan Besar RI Tokyo bersama Bank Indonesia dan Kementerian Investasi/BKPM, Rabu (05/6/2024).

Hydroelektric Power PlantAdrianto Wicaksono mengatakan pada forum itu, Bendungan Kusan di Tanbu menjadi salah satu yang terpilih untuk mengikuti acara tersebut.

“Terdapat tiga investor dari Jepang yang tertarik untuk mendanai Hydroelektic Power Plant,” ujar Adrianto.

Sebelumnya, kata Adrianto, Bendungan Kusan juga telah ditawarkan di Belanda pada forum yang sama dan mendapatkan sambutan dari dua investor di sana.

Ia menambahkan, dalam forum itu ada permintaan dari investor Jepang kepada Bank Indonesia mengenai kemudahan fix rate untuk nilai tukar mata uang Yen ke Rupiah karena investasi yang berlangsung bertahun-tahun.

Perwakilan Bank Indonesia (BI) menyambut baik dan akan mengonsultasikan lebih lanjut dengan pimpinan BI. Dan mestinya hal tersebut bisa di atasi karena pembangunan yang sifatnya tahunan, bukan hanya Bendungan Kusan saja.

Adapun Indonesia Investment Forum dihadiri Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta.

Acara yang bertema, “Accelerating Sustainable Investment in Indonesia” ini juga dihadiri sekitar 100 calon investor Jepang.

Dikutip dari kemlu.go.id (Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo Jepang. Indonesia Investment Forum 2024 juga menggelar diskusi panel yang menghadirkan Direktur Promosi Wilayah Asia Timur, Asia Selatan, Timur Tengah dan Afrika BKPM, Direktur Departemen Internasional Bank Indonesia, dan Direktur Wholesale & International Banking BNI.

Hydroelektric Power PlantDiskusi panel ini menjadi ruang berbagi prospek ke depan investasi di Indonesia dan program local currency settlement yang dapat dimanfaatkan oleh investor Jepang. 

Sementara itu, perwakilan dari Mitsubishi Logistic Corporation dan PT Wirajaja Tangguh juga berbagi mengenai pengalaman dan prospek berinvestasi di Indonesia.

Kegiatan diakhiri dengan One-on-One Business Matching bagi enam proyek yang siap untuk menerima investasi asing, yaitu: Candi Umbul Telomoyo Geothermal Power Plant Jawa Tengah, Hydroelectric Power Plant Kalimantan Selatan, Solar PV Plant Nusa Tenggara Barat, Bakung Waste to Refuse Derived Fuel (RDF) Lampung, LNG / Energy Hub Jawa Timur, dan Seaweed Farming Sulawesi Selatan.

Dubes Heri Akhmadi meyakini Indonesia Investment Forum menjadi platform efektif untuk berbagi informasi, membangun jaringan, dan menciptakan kemitraan yang menguntungkan Indonesia – Jepang. (Ddi)

Sumber: https://mc.tanahbumbukab.go.id/amp/tanah-bumbu-tawarkan-hydroelektric-power-plant-ke-investor-jepang/


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab Tanbu Tawarkan PLTA Kusan ke Investor Jepang"

Posting Komentar