Asisten I yang Lepas Pawai 1 Muharram di Kotabaru

 

(Foto: istimewa)

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru H Minggu Basuki yang melepas peserta pawai dalam rangka memperingati 1 Muharram Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Minggu (21/7/2024).

Tampak bersama-sama Asisten I, Ketua TP PKK Kotabaru Hj Fatma Idiana Sayed Jafar, Forkopimda, Kepala Kantor Kementrian Agama Kotabaru dan SKPD Kotabaru.

Tahun ini, 1 Muharram jatuh pada tanggal 7 Juli.

Para peserta SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Majelis Taklim dan masyarakat umum dilepas start di depan eks Kantor Bupati depan Siring Laut dan finish di sekitaran Bank BPD Kalsel dekat Siring Laut.

Bupati Kotabaru dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I sangat menyambut baik dilaksanakannya Pawai Muharram 1446 Hijriah ini, selain untuk membuat penyambutan tahun baru islam menjadi meriah. 

"Momentum pelaksanaan Pawai Muharram yang kita laksanakan pagi ini haruslah menjadi motivasi seluruh elemen masyarakat untuk terus memperkuat tali ukhuwah, ukhuwah insaniyah, karena dengan kuatnya ikatan persaudaraan, saya yakin dapat melahirkan sebab kekuatan serta semangat baru untuk bersama-sama membangun daerah ini menuju Kabupaten Kotabaru bermarwah, maju, dan sejahtera," katanya.

Minggu melanjutkan, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai media untuk menggungah semangat generasi muda islam agar bisa lebih memahami dan memaknai pergantian tahun Hijriah dengan hal-hal positif yang bermanfaat.

"Saya berharap, melalui Pawai Muharram ini, masyarakat bisa memahami dan menjadikan penyambutan Tahun Baru Islam sebagai pendorong transformasi diri untuk ikut hijrah ke arah yang lebih baik lagi dalam iman, ilmu, serta amal," ungkapnya.

Minggu berpesan kepada seluruh peserta Pawai Muharram agar mengutamakan keselamatan dan ketertiban sehingga Pawai Muharram ini dapat berjalan dengan aman dan lancar serta benar-benar dapat dijadikan sebagai event seni, religi, dan budaya yang bermanfaat bagi Kabupaten Kotabaru.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kotabaru H Akhmad Ismail Fahni sebagai pelaksana mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja PHBI Kotabaru  tahun 2024, dengan tujuan untuk memeriahkan Tahun Baru Islam, dan mempererat talisilaturahmi dan ukhuwah islamiyah.

"Perkembangan zaman dan persaingan teknologi merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh para generasi muda islam, jangan sampai pesatnya perubahan zaman ini mereka melupakan moment sejarah agama islam. Oleh karena itu, umat islam harus benar-benar cermat memilih dan memilah yang mana memberikan dampak positif dan mana yang kegiatan negatif. Maka diperlukan penanaman akidah yang kuat serta pendidikan agama sejak dini, di antaranya melalui moment Tahun Baru Islam 1446 Hijriah supaya mereka mengenal dan lebih mencintai serta memegang teguh ajaran agama islam," katanya.

Pawai Muharram yang diikuti 37 peserta ini bertema, "Ereratkan Ukhuwah Perbanyak Ibadah".  

Kepada peserta yang beruntung akan mendapatkan uang pembinaan, tropi, dan piagam. 

Kategori SD, SMP dan SMA.

Juara I akan mendapatkan uang pembinaan Rp 3  juta.

Juara II Rp 2.5 Juta. 

Juara III Rp 2 juta.

Kategori Umum.

Juara I Rp 1.5 juta.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asisten I yang Lepas Pawai 1 Muharram di Kotabaru "

Posting Komentar