Bupati Kotabaru Hadiri Acara Puncak Pesta Laut Pulau Manti

(Foto: istimewa)

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama rombongan Ketua TP PKK, asisten, staf ahli, Forkopimda, kepala SKPD menghadiri puncak Pesta Laut Pulau Manti ke- 42 tahun 2024, Minggu (28/7/2024).

Event tahunan ini digelar selama 2 hari, 27-28 juli 2024, Pulaunya masuk administratif, Desa Rampa, Kecamatan Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru. 

Pesta Laut Pulau Manti sukses menarik perhatian publik dalam rangka melestarikan budaya dan kearifan lokal.

Event ini intinya adalah selamatan laut yang dilaksanakan masyarakat. Selain itu. diisi dengan berbagai acara dan hiburan adat lainnya, mulai dari penampilan masyarakat dalam kelihaiannya atraksi jalan di atas tali (batiti ditali) keahlian khas Suku Bajau, balap kapal nelayan, tarian tradisional dan lainnya.

Bupati Kotabaru dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Kotabaru menyambut baik dan mengapresiasi atas terselenggaranya acara ini yang merupakan sebuah acara yang dinanti nanti  masyarakat Kotabaru dalam rangka mengembangkan potensi wisata budaya dan adat masyarakat nelayan.

Acara yang setiap tahun dilaksanakan oleh para nelayan ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah yang telah diberikan keselamatan perolehan tangkapan ikan.

"Saya berharap melalui acara ini semoga Kabupaten Kotabaru lebih dikenal oleh khalayak ramai baik di tingkat provinsi maupun nasional hingga mendunia," katanya. 

Kepala Disparpora Sony Tua Halomoan mengatakan, Festival Pulau Manti ini bentuk rasa syukur nelayan, khususnya Desa Rampa Pulau Sebuku atas rezeki yang didapatkan selama ini.

"Ini adalah termasuk event kalender wisata, ritual ini hanya digelar di Kotabaru dan menjadi daya tarik sebagai event budaya pesisir," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan hadiah lomba di antaranya Futsal, Bola Voli dan Lomba Balap Perahu. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bupati Kotabaru Hadiri Acara Puncak Pesta Laut Pulau Manti"

Posting Komentar