Sekolah Filial SDN 3 Mantewe Diresmikan, Kontribusi PT BBA dan Disdik Tanbu

(Foto: Ist)

Sekolah Filial SDN 3 Mantewe di Dusun Kuluman, Desa Gunung Raya, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu diresmiman, Sabtu (24/8/2024).

Bangunan baru yang diresmikan itu terdiri dari 4 ruang kelas dan 1 ruang guru. 

PT Batulicin Beton Asphalt (BBA) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bernaung di bawah Jhonlin Group yang berkontribusi bangunan tersebut.

Dinas Pendidikan (Disdik) Tanah Bumbu juga membangun 2 ruang kelas tambahan.

"Kami tidak hanya membangun ruang sekolah, tetapi juga berencana untuk menambah fasilitas lain seperti rumah dinas bagi guru yang tempat tinggalnya jauh. Ini penting agar mereka bisa lebih aktif dan tidak terlambat dalam mengajar. Selain itu, PT BBA juga telah memberikan seragam dan sepatu kepada siswa-siswi, serta merencanakan untuk menyuplai perlengkapan sekolah lainnya seperti tas dan buku," kata Direktur PT BBA, Wahyu Suardi.

Wahyu Suardi juga mengungkapkan keinginannya untuk memasang sistem listrik tenaga surya atau solar cell yang akan mendukung kebutuhan listrik sekolah, termasuk penerangan dan pompa air. 

"Mudah-mudahan sumbangsih kami bisa bermanfaat dan berlanjut ke depan, mencetak generasi yang lebih cerdas," katanya.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor dalam sambutannya menekankan pentingnya pendidikan bagi generasi muda.

"Baca-baca-baca, belajar-belajar-belajar, itulah yang harus kita wariskan kepada anak cucu kita. Menyiapkan sumber daya manusia yang unggul, termasuk melalui infrastruktur seperti sekolah ini, sangat penting menuju Indonesia Emas 2045," serunya.

Kepala Sekolah Filial SDN 3 Mantewe Mat Sukarmin sempat berbagi cerita mengenai kondisi sekolahnya sebelum dibangun. 

"Dulu, sekolah ini sangat sederhana, terbuat dari kayu dengan ukuran 4x8 meter dan lantai tanah. Harapan saya, perusahaan bisa terus mendukung pengembangan sarana dan prasarana sekolah, termasuk kelengkapan kelas dan media pembelajaran. Selain itu, kami juga berharap ada tambahan honor bagi guru honorer yang saat ini penghasilannya sangat minim, hanya sekitar Rp 400 ribu per bulan," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Bumbu H Ambo Sakka langsung berdiskusi dengan Kepala Dinas Pendidikan Tanah Bumbu.

Sekda menjanjikan pada anggaran tahun 2025, dua guru honorer dan satu penjaga sekolah yang juga merupakan pemilik tanah yang menghibahkan lahannya untuk sekolah itu, akan diangkat menjadi pegawai Tanah Bumbu. 

"Saya tadi sudah berbicara dengan pak Kadis, karena saat ini sudah pengesahan anggaran perubahan, maka kami baru bisa memberlakukan per Januari 2025, termasuk tadi yang cleaning service," ujarnya.


Peresmian sekolah ini ditandai dengan pemotongan pita secara simbolis oleh Gubernur Kalimantan Selatan, didampingi Direktur PT BBA, Kepala Dinas Pendidikan, Tanbu dan para direksi Jhonlin Group. (Ril)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekolah Filial SDN 3 Mantewe Diresmikan, Kontribusi PT BBA dan Disdik Tanbu "

Posting Komentar