Tanbu Dapat Penghargaan UHC Awards Kategori Pratama

(Foto: MC Tanbu)

Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) meraih penghargaan cakupan jaminan kesehatan Universal Health Coverage (UHC) Awards tahun 2024 kategori pratama.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yang menyerahan penghargaan itu diterima Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar diwakili Sekda Tanah Bumbu Ambo Sakka di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Tanah Bumbu menjadi salah satu penerima penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah dari 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota se-Indonesia.

UHC Award adalah bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi masyarakat.

Penghargaan ini diberikan dalam acara UHC Awards, sebagai bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam mendaftarkan penduduknya pada program JKN.

Dalam acara tersebut, Ma’ruf Amin mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh pemerintah daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam mendukung program JKN.

Pencapaian UHC di berbagai daerah ini menunjukkan komitmen negara dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Bupati Zairullah melalui Sekda mengatakan, capaian tersebut merupakan salah bentuk tanggung jawab dan kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat untuk bisa mendapatkan kemudahan akses layanan kesehatan.

“Langkah ini merupakan bukti nyata kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat dalam rangka memenuhi kesejahteraan dalam bidang kesehatan, sekaligus dukungan penuh terhadap program yang diselenggarakan oleh pemerintah, dalam hal ini program JKN,” katanya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu sangat memperhatikan jaminan kesehatan serta pelayanan kesehatan yang optimal. "Sehingga masyarakat kami dapat menikmati layanan kesehatan tanpa diskriminasi,” kata Zairullah.

Sebagai informasi setiap daerah akan mendapatkan predikat UHC. Apabila cakupan kepesertaan program JKN di daerahnya telah mencapai di atas 95 persen dari total jumlah penduduk di daerah tersebut.

Untuk Kabupaten Tanah Bumbu jumlah cakupan kepesertaan program JKN sebanyak 354.373 jiwa atau sudah mencapai 100 persen dari total jumlah penduduk secara keseluruhan.

Hal ini membuat Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan penghargaan dalam kategori utama dengan capaian cakupan kepesertaan JKN lebih dari 98 persen dari total jumlah penduduk di wilayahnya.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh kepala daerah atas kesuksesan program JKN.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Tanah Bumbu Ambo Sakka didampingi Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Muhammad Yandi Noorjaya mengatakan, Tanah Bumbu sejak awal komitmen bahwa jaminan kesehatan itu merupakan hak masyarakat Tanah Bumbu. (Dwn)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanbu Dapat Penghargaan UHC Awards Kategori Pratama"

Posting Komentar