Asisten I Buka Festival Katir Race dan Malasuang Manu

 

(Foto: Ist)

Mewakili Bupati Kotabaru, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru H Minggu Basuki menghadiri sekaligus membuka Festival Katir Race dan Malasuang Manu 2024 di Desa Teluk Aru, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Minggu (1/92024).

Festival Malasuang Manu sejak tahun 2003 menjadi agenda tahunan Pemerintah Daerah Kotabaru dan sudah masuk kalender event Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kotabaru 

Acara Malasuang Manu merupakan wujud rasa syukur Suku Mandar (di sana) yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan. Acara Malasuang Manu adalah budaya adat kearifan lokal dengan melepas sepasang ayam jantan dan betina di bibir Pantai Teluk Aru atau ke Pulau Cinta yang terus dilaksanakan secara turun temurun.

Dalam kegiatan ini Suku Mandar memiliki atraksi budaya adat,  yaitu menampilkan lomba Katir Race yang merupakan kolaborasi empat desa yang ada di Kecamatan Pulau Laut Kepulauan antara lain, Desa Teluk Aru, Desa Kerasian, Desa Kerayaan, dan Desa Kerumputan.

Katir Race itu adalah sebuah perahu khas orang mandar fungsinya untuk mencari ikan dan sebagai alat transportasi perahu yang ada layarnya.

Bupati Kotabaru dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kotabaru H Minggu Basuki mengatakan, Festival Katir Race dan Malasuang Manu 2024 sebagai wujud dan komitmen bersama dalam upaya memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Kotabaru.

"Melalui Festival ini kita dapat menyaksikan tradisi adat istiadat dan seni budaya yang merupakan kekayaan yang harus kita syukuri, yang diharapkan menjadi ajang untuk memperkuat solidaritas dan kerja sama antar masyarakat, pemerintah dan pelaku pariwisata dalam memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Kotabaru sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal dan peningkatan kesadaran akan pentingnya pelestarian budaya, serta memperkaya pengalaman wisatawan yang datang ke Kabupaten Kotabaru," katanya.

Festival ini juga dapat dijadikan ajang promosi pariwisata yang ada di Kabupaten Kotabaru.

"Kegiatan seperti ini perlu diapresiasi dan dilestarikan sebagai salah satu sarana mempromosikan tradisi lokal dalam kemasan festival agar lebih dikenal sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kotabaru, khususnya ke Desa Teluk Aru Kecamatan Pulau Laut Kepulauan," tambahnya.

Asisten I juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kekayaan budaya yang dimiliki.

"Budaya kita adalah identitas kita dan dengan menjaga warisan budaya, kita juga turut menjaga jati diri dan keragamaan yang menjadi kekuatan kita sebagai bangsa," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kotabaru Sonny Tua Halomoan menjelaskan, event ini merupakan salah satu kalender event yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang bekerja sama dengan panitia Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, sebagai salah satu wujud usaha menggalakkan promosi wisata melalui budaya sebagai warisan para pendahulu.

"Tentu saja sebagai ucapan rasa syukur kepada sang pencipta namun, juga sebagai pelestarian nilai-nilai budaya itu sendiri bagi generasi penerus kita. Katir Race sendiri yang mana dulunya sebagai sarana mencari ikan dan alat transportasi, kini telah menjadi sport tourism.  Dan perlu diketahui, Katir Race yang ada di Kalimantan Selatan hanya ada di Kabupaten Kotabaru," katanya.

Sonny pun juga mengajak seluruh pengunjung  meluangkan waktu sejenak untuk membersihkan Pantai Teluk Aru dan sekitarnya untuk menumbuhkan sapta pesona.

"Guna menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah, sangat penting untuk menciptakan kondisi sapta pesona, yang terdiri dari tujuh unsur, yaitu aman, tertib, bersih, sehat, indah, ramah tamah dan kenangan jadi, siapapun wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang ke Teluk Aru harus bisa merasakan bagaimana Teluk Aru itu indah dan bersih," tuturnya.

Kegiatan Festival Katir Race dan Malasuang Manu juga dihibur dengan penampilan artis terkenal di antaranya, Ical Majene Pemenang D'Academy 3, Iva Lola eks Trio Macan dan Andin Mayora serta artis lokal lainnya.

Selain itu, dilakukan pembagian tropy, piala dari beberapa lomba seperti, volly ball match, drag racing pantai, layang-layang, gasing, balogo, majeka, takrau, dan makatau.

Kegiatan ini selain dihadiri Asisten I Setda Kotabaru juga dihadiri Asisten III Setda Kotabaru, anggota DPRD Kotabaru, Forkopimda, Kepala Bank KalSel Cabang Kotabaru, SKPD, Camat Pulau Laut Kepulauan, kepala desa dan seluruh warga setempat maupun wisatawan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asisten I Buka Festival Katir Race dan Malasuang Manu"

Posting Komentar