BPBD Tanbu dan PT Arutmin Adakan Pelatihan Tanggap Bencana

(Foto: MC Tanbu)

Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggandeng PT Arutmin Indonesia Tambang Batulicin mengadakan pelatihan tanggap kebencanaan di Gedung Serbaguna Arutmin Meratus Desa Sungai Dua, Sabtu (13/9/2024).

Tujuannya membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana).

Dalam kesempatan ini, PT Arutmin bersama BPBD menyampaikan materi konsep Destana. Sedangkan dari Pos Unit SAR Batulicin menyampaikan materi upaya penyelamatan korban bencana.

Sasaran kegiatan adalah penduduk di Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat yang merupakan Desa lingkar tambang.

Peserta berjumlah 50 orang yang terdiri dari Karang Taruna, Badan Usaha Desa (BUMDes), aparat desa, masyarakat dan perwakilan Tim Penanggulangan Bencana Desa Mantewe.

Kepala Desa (Kades) Sungai, Ibnu Salam berterima kasih kepada segenap pihak serta narasumber yang meluangkan waktunya untuk memberikan ilmu kepada masyarakat.

“Masyarakat dapat menyimak dengan baik ilmu yang disampaikan sehingga ada sesuatu yang diambil pada pertemuan ini dan bisa diterapkan saat terjadi bencana ” ujar Kades.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD, Sulhadi melalui M Ahsani Fauzan selaku Kepala Sub Pencegahan mengajak untuk bersama-sama mempersiapkan diri menghadapi bencana yang bisa jadi datangnya tidak terduga.

“Kita harus memiliki pengalaman dan pengetahuan kebencanaan agar bisa mengurangi kerugian yang disebabkan oleh bencana,” kata Kalaksa.

Management PT Arutmin Indonesia Site Batulicin, Akhmad Nurkholis, mengatakan adanya kegiatan ini merupakan bagian dari program PPM Bidang Sosial dan Budaya, dalam aspek kebencanaan yang bersinergitas bersama pemerintah daerah.

“Garis besarnya, masyarakat dapat menyerap dasar-dasar ilmu yang diberikan narasumber sehingga masyarakat cepat tanggap saat terjadi bencana di daerah untuk melakukan penanganan dini,” katanya.

Ia berharap, masyarakat dapat konsisten mengikuti program ini dan akan terus berlanjut ke depannya. (Fit)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BPBD Tanbu dan PT Arutmin Adakan Pelatihan Tanggap Bencana"

Posting Komentar