BPBD Tanbu dan PT Arutmin Bentuk Destana

(Foto: MC Tanbu)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) dan PT Arutmin Site Batulicin menjalin kemitraan membentuk desa tangguh bencana (Destana). Selasa (10/9/2024).

BPBD Tanbu memberikan pelatihan tanggap bencana di Desa Lingkar Tambang Batulicin di Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat.

Kegiatan ini diikuti 50 peserta terdiri dari Karang Taruna, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), aparat desa, dan masyarakat.

Narasumber pada pelatihan tersebut, yakni BPBD dan Pos Unit SAR Batulicin.

Kepala Desa (Kades) Sungai Dua, H Ibnu Salam dalam sambutannya berterima kasih pada narasumber yang meluangkan waktu untuk memberikan ilmu kepada masyarakat.

“Masyarakat dapat menyimak dengan baik ilmu yang diberikan sehingga ada manfaat yang bisa diambil pada pertemuan ini dan bisa diterapkan saat terjadi bencana,” kata Kades.

"Kita harus bersama-sama mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana karena peristiwa bencana tidak bisa diduga kapan terjadi. Kita harus memiliki pengalaman dan pengetahuan kebencanaan agar bisa siap siaga dan mengurangi dampak bencana," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Tanbu, H Sulhadi melalui Kepala Sub Pencegahan M Ahsani Fauzan.

CD Officer dari PT Arutmin Indonesia Site Batulicin, Abdul Razak berharap masyarakat dapat konsisten mengikuti program ini dan akan terus berlanjut ke depannya.

“Garis besarnya, masyarakat dapat menyerap dasar-dasar ilmu yang diberikan narasumber sehingga masyarakat cepat tanggap saat terjadi bencana dalam hal mengurangi korban jiwa maupun harta benda," katanya.

Dalam kesempatan ini, BPBD membawakan materi konsep Destana. Sedangkan dari Pos Unit SAR Batulicin membawakan materi Upaya Penyelamatan Korban Bencana sekaligus melakukan praktek pertolongan pertama. (Adi/Ril BPBD)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BPBD Tanbu dan PT Arutmin Bentuk Destana"

Posting Komentar