Bagian Ekonomi Setda Tanbu Fasilitasi Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024

(Foto: MC Tanbu)

Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah (Setda) Tanah Bumbu (Tanbu) memfasilitasi rapat koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi daerah tahun 2024 secara daring (zoom meeting) di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Senin (14/10/2024).

Direktur Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Restu Hardi Daud dalam sambutannya mengatakan dalam minggu kedua bulan Oktober ada komoditas yang naik dan ada pula komoditas yang turun.

Untuk komoditas yang naik dharapkan kita pemerintah pusat terutama pemerintah daerah. Untuk terus memantau perkembangan masing-masing komoditas harga di wilayahnya.

"Melakukan operasi pasar manakala diperlukan, mengaktifkan atau mengefektifkan tugas-tugas PPID. Pemerintah daerah mengkoordinasikan  hingga langkah-langkah terkoordinasi lintas sektor yang perlu dilakukan secara bersama-sama yang tidak hanya tanggung jawab satu dua perangkat daerah atau sektor saja," ujarnya.

Untuk komoditas yang turun tentu perlu menjadi pencermatan terutama harga di tingkat produsen bisa menjadi komoditas cadangan pangan pemerintah daerah dalam menangani inflasi yang nantinya bisa digunakan pada waktu yang akan datang, dan juga bisa menjadi resources bagi pemerintah daerah terutama sentra produksi yang memiliki kelebihan produksi untuk bisa disuplai ke daerah-daerah yang memiliki kecenderungan harga komoditasnya naik.

"Pemerintah pusat berharap langkah-langkah ini terus dilakukan ke depan untuk memastikan dengan wajar demikian juga produsen bisa memperoleh untuk bisa mempertahankan produksinya," ujarnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagian Ekonomi Setda Tanbu Fasilitasi Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2024"

Posting Komentar