Dispersip Tanbu Sukses Gelar Jelajah Literasi

(Foto: MC Tanbu)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Tanah Bumbu sukses menggelar puncak dan penutupan jelajah literasi, Sabtu (19/10/2024).

Event tersebut menjadi wadah literasi inklusif, sekaligus ajang yang terbukti menarik antusiasme besar dari masyarakat. Kurang lebih ada sekitar 3000 orang membanjiri halaman Gedung Dispersip Tanah Bumbu, terutama para pemuda dan pemudi.

Saat ditemui, Senin (21/10/2024) siang, Sekretaris Dispersip Tanah BumbuMuhammad Saleh mengungkapkan rasa syukur atas suksesnya kegiatan yang menjadi upaya dan inovasi Dispersip dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat tersebut.

Berbagai kegiatan menarik digelar selama event berlangsung di antaranya parenting dan talkshow, lomba literasi, pertunjukan bakat seni, hingga hiburan musik.

“Melalui jelajah literasi, kami berupaya mendorong masyarakat untuk lebih gemar membaca dan meningkatkan literasi di era gadget saat ini,” jelas Saleh.

Di samping itu, event ini bisa menarik minat masyarakat untuk mengetahui letak keberadaan dan fungsi dari perpustakaan daerah bagi masyarakat yang belum mengetahui atau tinggalnya di perkampungan jauh.

Tak hanya itu, dengan digelarnya event ini membuat pihak Dispersip takjub karena selama ini bakat anak-anak daerah sangat membanggakan. "Perlu wadah penyaluran bakat dan prestasi mereka, sehingga Dispersip hadir sebagai wadahnya," katanya.

jelajah literasi 2024
jelajah literasi 2024

Ia menambahkan, kegiatan ini melibatkan sejumlah pihak termasuk para pendongeng untuk memberikan edukasi storytelling sebagai bagian dari pengembangan literasi anak-anak dan remaja.

"Event jelajah literasi, turut membawa manfaat bagi UMKM daerah. Pasalnya baik pedagang dari dalam daerah hingga kabupaten/kota lain ikut menjajakan jualannya sehingga terjadi aktivitas peningkatan ekonomi. Sebelumnya saya kan survei ke para pedagang yang di lokasi, antusias mereka luar biasa. Terjadi aktivitas UMKM dalam event ini yang mana juga membawa keuntungan bagi pelaku usaha,” kata Kepala Dispersip Tanah Bumbu, Yulia Rahmadani, Senin (21/10/2024).

Kegiatan jelajah literasi ini pun mendapat dukungan penuh dari Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar. Sesuai dengan visi misinya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk menyokong pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Event yang sarat akan nuansa edukatif dan hiburan ini diharapkan mampu terus berkembang sebagai agenda tahunan dalam rangka meningkatkan budaya literasi di Tanah Bumbu. (Fit)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dispersip Tanbu Sukses Gelar Jelajah Literasi"

Posting Komentar