Hj.Ernawati: Turunkan Angka Stunting Perlu Kerja Sama Lintas Sektor



Kotabaru, Kalsel-
Stunting (Tinggi badan lebih pendek dibanding tinggi badan yang seharusnya) yang dialami balita, informasinya sudah banyak beredar.

Stunting tidak hanya disebabkan oleh pola asuh ibu, kurangnya asupan makanan (kekurangan gizi), juga karena ancaman penyakit infeksi karena sanitasi (lingkungan kotor).

Salah satu survey menyebutkan bahwa, anak-anak yang tumbuh di lingkungan yang sanitasinya buruk menyebabkan terhambatnya pertumbuhan anak.

Pasalnya, apabila anak-anak sering terkena penyakit (sakit) akibat lingkungan kotor, maka pertumbuhan mereka jelas akan terhambat.

Hj. Ernawati, plt Kepala Dinas Kesehatan

Bagaimana mengatasinya?
Hj. Ernawati, plt Kepala Dinas Kesehatan, Jumat (26/01/18) menjelaskan, berdasarkan Kepmenkes RI No.852/Menkes/SK/IX/2008 tentang strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang di jabarkan dalam program unggulan Dinas Kesehatan tahun 2018 yaitu SeHaTi (Sehat Harga Mati).

“Upaya yang sudah kita lakukan adalah memulai dari 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yaitu dengan minum tablet tambah darah minimal 90 tablet selama hamil. Pemberian makanan tambahan pada ibu hamil. Pemenuhan gizi pada ibu hamil. Persalinan oleh tenaga kesehatan. Inisiasi menyusu dini pada bayi baru lahir. ASI Eksklusif. Pemberian Makanan pendamping ASI setelah umur 6 bulan. Imunisasi lengkap dan vitamin A. Pemantauan tumbuh kembang bayi di posyandu dan melaksanakan STBM,”paparnya.

Dilanjutkannya, meningkatkan kerjasama lintas sektor sangat penting perannya untuk menurunkan angka Stunting.

Berbicara masalah asupan untuk meningkatkan gizi masyarakat, bukan hanya tanggungjawab institusi kesehatan tetapi sektor terkait seperti institusi pertanian, ketahanan pangan, dinas sosial, perekonomian, dan beberapa sektor yang terlibat. "Katanya.

"Jadi masalah gizi menjadi tanggung jawab bersama, baik pemerintah, swasta maupun masyarakatnya sendiri,"pungkasnya.
(Rel/IHA)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hj.Ernawati: Turunkan Angka Stunting Perlu Kerja Sama Lintas Sektor"

Posting Komentar